Akses Komputer Kantor dari Rumah

Bagaimana Cara Akses Komputer Kantor Dari Rumah

Untuk melakukan akses komputer kantor dari rumah perlu persiapan terlebih dahulu. Dan tentunya perlu penanganan dari divisi IT perusahaan atau orang yang memiliki otoritas untuk kebijakan transfer data kantor.

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak pekerja yang tidak melakukan pekerjaan kantor di tempat. Hal ini terkait kebijakan yang melarang untuk berkumpul dan bekerja di kantor (tentatif). Solusinya tentu agar pekerjaan tetap berjalan adalah pekerjaan kantor di bawa ke rumah atau istilahnya work from home. Jika kantor mengijinkan pegawai untuk bekerja di rumah, maka proses pekerjaan kantor tentunya bisa di lakukan secara online. Baik melalui email, video conference, atau penyimpanan data online. Bagaimana jika datanya tersimpan pada komputer kantor?

Otoritas Kebijakan Perusahaan

Tidak semua kantor menyediakan otoritas kebijakan untuk akses data dari luar perusahaan. Hal ini terkait dengan keamananan data serta kebijakan dari perusahaan itu sendiri. Data perusahaan biasanya di simpan dalam sebuah server tersendiri yang dapat di akses secara intranet atau internal perusahaan. Jadi untuk mengakses komputer server perlu ijin dahulu agar server bisa di akses dari luar.

Melalui wewenang dari divisi IT atau pemilik kebijakan, komputer server akan selalu di aktifkan dan di berikan akses publik agar bisa di akses dari luar melalui internet. Tentunya dengan keamanan seperti alamat ip address dan username serta password akan di berikan kepada karyawan yang meminta akses data. Kasus ini apabila data perusahaan tersentral dalam satu server, apabila data tersimpan pada PC kantor karyawan akan beda lagi. Komputer yang sering digunakan harus aktif dan terhubung dengan internet.

Aplikasi Akses Komputer Kantor

Seorang pegawai yang bekerja dari luar kantor bisa mengolah data tentu memerlukan akses komputer yang berada di kantor. Komputer kantor harus hidup dan beroperasi seperti biasa dan tidak dalam keadaan mati. Proses koneksi komputer pengguna dan komputer kantor sering di sebut dengan istilah Client Server Connection.

Untuk menghubungkan komputer kantor dan rumah memerlukan aplikasi yang tertanam ( ter-install ) di kedua komputer. Aplikasi yang sering di gunakan biasanya seperti :

  1. TeamViewer
  2. UltraVNC
  3. AnyDesk
  4. Windows Remote Desktop
  5. AeroAdmin
  6. Chrome Remote Desktop
  7. dan lainnya.

Mintalah untuk akses koneksi dari komputer rumah dengan komputer kantor ke bagian IT yang menangani. Serta minta panduan untuk otoritas login, cara instalasi dan operasional dari program yang akan di gunakan.

Selamat Bekerja!

Photo by : Andrew Neel from Pexels


Baca Artikel Lainnya

Butuh bantuan?
Scan the code