Membeli Hardisk External, Apa yang Harus Diperhatikan?

Membeli Hardisk External, Apa yang Harus Diperhatikan?

Membeli hardisk external agar bisa mendapat kualitas produk terbaik memanglah bukan hal yang mudah. Pasalnya, hardisk external rentan mengalami kerusakan, sehingga kalian harus berhati-hati dalam memilih. Sekarang ini banyak pilihan hardisk external yang bisa kalian pilih dengan beragam ukuran kapasitas.

Beberapa Hal yang Harus Kalian Perhatikan Saat Membeli Hardisk External

Saat ini pengguna PC dan laptop semakin hari kian meningkat. Hal tersebut juga mempengaruhi penjualan terhadap hardisk external. Selain itu, terbatasnya kapasitas hardisk internal pada laptop atau komputer juga mempengaruhi kebutuhan hardisk external.

Terlebih mengganti hardisk internal juga terbilang lebih sulit bila anda bandingkan dengan mengganti hardisk external. Sehingga untuk mendapatkan kualitas yang baik dari hardisk, ada beberapa tips yang bisa kalian perhatikan.

Membeli Hardisk External

Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas tentu menjadi salah satu acuan dalam membeli hardisk external. Misalnya saja hardisk dengan kapasitas 500 GB dapat menampung sekitar 100 ribu foto dan lebih dari 125 ribu lagu.

Kapasitas sebesar itu rasanya juga mampu menampung ratusan film dengan kualitas HD. Dengan perkiraan tersebut, kalian bisa memperhitungkan berapa kapasitas yang kalian butuhkan.

Konektivitas

Kebanyakan hardisk menggunakan port USB agar tersambung ke komputer. Biasanya terdiri dari USB 3.0 dan USB 2.0. USB 3.0 bisa menghadirkan kecepatan 5 Gbps yang lebih cepat dari USB 2.0, yaitu sebesar 480 Mbps. Menariknya, USB 3.0 masih bisa kalian gunakan pada komputer yang hanya memiliki port USB 2.0.

Bahkan laptop terbaru saat ini sudah menyediakan port thunderbolt. Namun untuk harga, hardisk dengan koneksi thunderbolt masih terbilang mahal.

Jadi, jika kalian sering memindahkan files dari laptop ke hardisk atau sebaliknya. Sebaiknya membeli hardisk external dengan interface USB 3.0 agar tidak memakan waktu yang cukup lama.

Kecepatan Rotasi

Sistem kerja hardisk external adalah saat kalian membuka atau mengolah data sehingga piringan di dalamnya akan terus berputar. Untuk menghitung kecepatan ini dengan menggunakan RPM (Revolution per Minute). Hardisk yang berputar pada kecepatan 7200 RPM akan menyuguhkan performa yang lebih baik daripada hardisk 5400 RPM.

Bahkan saat ini telah tersedia hardisk yang mampu berputar pada kecepatan 10.000 RPM. Artinya semakin tinggi RPM dari hardisk, semakin cepat ia mengolah dan memutar file yang kalian butuhkan. Hal ini tentu menjadi pertimbangan yang harus kalian perhatikan saat membeli hardisk external.

cover photo by : Jessica Lewis from Pexels