Sewa Printer Jakarta

Sewa Printer Jakarta

PRINTER INK JET

Inkjet adalah teknologi cetak non impact. Droplet – droplet tinta di emisikan dari nozzle dan printer secara langsung menuju posisi spesifik pada sebuah substrat untuk menciptakan suatu gambar (image). Operasi printer inkjet adalah sangat mudah untuk divisualisasi; head printer men-scan halaman secara horizontal, menggunakan motor untuk menggerakkannya ke kanan dan ke kiri dan ke belakang, motor satunya memutar kertas secara vertikal. Satu strip gambar telah di cetak, kemudian kertas bergerak dan siap untuk strip berikutnya. Untuk mempercepat pencetakan, head printer tidak hanya mencetak satu baris (row) horizontal pixel tiap gerakan, namun juga mencetak row vertical pada saat yang sama.

Perkembangan Printer Ink Jet

Saat ini printer ink jet tidak hanya berbasis kepada cartridge saja, perkembangan yang terjadi saat ini sudah di mulai adalah printer ink jet yang di kembangan dengan model jenis infus, di mana supply tinta tidak harus berasal dari cartridge itu sendiri namun di supply dari tangki tinta yang berada di luar printer.

Pengembangan ini sangat bagus karena pengguna printer jenis ini tidak usah repot repot lagi membongkar cartridge pada saat akan mengisi tinta, cukup melakukan pengisian tinta dari tabung infus yang berada di luar printer.

Tips merawat Printer Ink Jet

Merawat Printer Ink Jet bagian 1
  1. Gunakan printer sesering mungkin minimal 3 hari sekali. Karena tinta yang terdapat pada nozzle head bisa mengering sehingga menyumbat pengeluaran tinta
  2. Jangan biarkan printer inkjet kosong tanpa cartridge dalam jangan waktu yang lama. Soalnya,tetep bisa menyebabkan head printer jadi kering.
  3. Jangan lupa matikan printer kalau sudah tidak di pakai. Selain hemat listrik, hemat energi, tentu saja hal ini akan mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam kepala printer.
  4. Pergunakan secara maksimal dong, software-software yang sering di sertakan bersama printer. Terutama untuk Software Clean Head untuk melakukan pembersihan Nozlze Head secara teratur.
  5. Software yang sering di sertakan bersama printer itu salah satunya adalah Perangkat Diagnosa. Yaitu software pertolongan tentang bagaimana merawat atau mengatasi permasalahan mengenai printer. Mungkin saja informasi yang di sediakan bisa menolong kita dalam mengatasi permasalahan printer inkjet
  6. Walaupun printer sering di pakai, jangan lupa membersihkan juga dari debu dan kotoran. Tidak perlu tiap hari , minimal 2 minggu sekali selalu bersih. Kemudian jangan biarkan ada benda asing masuk atau terjatuh kedalam printer anda. Hal paling penting jangan menggunakan lap yang basah oleh air saat membersihkan printer inkjet.
  7. Pakai penutup printer , supaya printer kita terlindung dari debu.
  8. Biasakan menggunakan tombol on/off saat mematikan printer. Ini gunanya agar head printer akan kembali ke kedudukannya semula sehingga tinta ga mudah mengering. Jangan biasakan mencabut kabel printer langsung saat mematikan printer.
  9. Waktu mencetak pastikan posisi kertasnya yang benar, jangan yang berlipat-lipat. Soalnya dapat tersangkut dan merusak roller pada printer.
  10. Jangan memakai kertas yang kotor atau berdebu. Kalau kita ngeprint memakai kertas yang kotor atau berdebu, tentu saja mekanik penggerak kertas atau roller paper lebih cepat kotor dan ini menyebabkan roller papernya lebih cepat aus/rusak dan mengakibatkan printer tidak dapat menarik kertas.
Bagian 2 Merawat Printer Ink Jet
  1. Jangan menyentuh bagian elektrik dari cartridge seperti chip maupun head dengan menggunakan jari . Karena, listrik statis pada tubuh terkadang dapat merusakkan komponen. Apabila ingin membersihkan bagian itu gunakan kertas tissue yang bersih.
  2. Pakai tinta refill yang kualitasnya bagus.
  3. Jangan mengisi cartridge terlalu penuh karena dapat menyebabkan kebocoran pada cartridge dan akhirnya merusak printer.
  4. Ketika mengganti Tinta, Cartridgenya di jaga dengan hati-hati. Soalnya, cartridge printer itu di penuhi penghubung listrik yang halus, nah benda ini mungkin rusak jika di perlakukan sembarangan.
  5. Gunakan merk tinta yang sama saat isi ulang atau refill. Kalau pun berbeda, pastikan tinta pada cartridge sudah benar-benar kosong atau habis. Hal ini penting untuk menghindari adanya reaksi penggumpalan tinta akibat merk tinta berbeda yang dapat menyumbat lubang tinta pada Head.
  6. Khusus buat printer inkjet yang pake infus. Letakkan tangki tinta infus sejajar atau agak rendah sedikit dengan cartridge. Hal ini, buat menjaga agar tinta tidak mengalir langsung ke cartridge waktu printer lagi tidak di pakai.
  7. Jangan lupa, perhatikan wastepad (buangan tinta) printer. Ganti wastepad atau gunakan pembuangan luar sehingga tinta tidak akan meleber di dalam printer .
  8. Jangan iseng membuka casing dan komponen printer. Apabila printer inkjet bermasalah kita serahkan kepada orang yang ahli daripada malah tambah rusak.